Kucari,Kutemukan,Dan...Kubagikan

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


TUGAS INDIVIDU SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ( SIM )

CHOIRIL MUTHOHAR

5021002008

SEMESTER VI - TEKNIK INFORMATIKA





1) Kapan sebuah perusahaan akan terlibat dalam desain ulang sebuah sistem ?

• Sebuah perusahaan terlibat dalam desain ulang sebuah sistem apabila sistem di dalam       perusahaan tersebut sudah tidak relevan lagi dengan tingkat laju perkembangan yang ada.

• Adanya perubahan dalam susunan organisasi misalkan terdapat entitas baru yang berdampak penting dalam perusahaan.

• Sistem sudah tidak kompatible lagi dengan sarana yang ada.

2) Sebut dan jelaskan lima tahap dalam siklus hidup sistem !

TAHAP PERENCANAAN

Menunjukan setiap langkah yang harus dilakukan dan mengidentifikasi tanggung jawab manajer  dan spesialis informasi dalam hal ini adalah analis system. Fase ini dimulai dengan mendefinisikan masalah dan dilanjutkan dengan sistem penunjukan objektif dan paksaan. Di sini sistem analis memimpin studi yang mungkin terjadi dan mengemukakan pelaksanaannya pada manajer.

Keuntungan dari merencanakan proyek CBIS, yaitu :

· Menentukan lingkup dari proyek

· Mengenali berbagai area permasalahan potensial

· Mengatur urutan tugas

· Memberikan dasar untuk pengendalian

TAHAP ANALISIS

Ketika perencanaan selesai dan mekanisme pengendalian telah berjalan, tim proyek beralih pada analisis sistem yang telah ada. Analisis sistem adalah penelitian atas sistem yang telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem baru atau diperbarui.

TAHAP PERANCANGAN

Rancangan sistem adalah penentuan proses dan data yang diperlukan oleh sistem baru. Jika sistem itu berbasis komputer, rancangan dapat menyertakan spesifikasi jenis peralatann yang akan digunakan.

Adapun tahapannya yaitu :

1. Mengumumkan Penelitian Sistem

2. Mengorganisasikan Tim Proyek

3. Mendefinisikan Kebutuhan Informasi

4. Mendefinisikan Kinerja Sistem

5. Menyiapkan Usulan Rancangan

6. Menerima atau Menolak Proyek Rancangan

TAHAP PENERAPAN

Penerapan merupakan kegiatan memperoleh dan mengintegrasikan sumber daya fisik dan konseptual yang menghasilkan suatu sistem yang bekerja.

Dalam tahap implementasi memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk :

a. Melakukan kegiatan spesifikasi rancangan logikal ke dalam kegiatan yang

    sebenarnya dari sistem informasi yang akan dibangunnya atau dikembangkannya.

b. Mengimplementasikan sistem yang baru.

c. Menjamin bahwa sistem yang baru dapat berjalan secara optimal.

TAHAP PENGGUNAAN

Tahap penggunaan terdiri dari 5 langkah, yaitu :

1. Menggunakan sistem

2. Audit sistem

3. Memelihara sistem

4. Menyiapkan usulan rekayasa ulang

5. Menyetujui atau menolak rekayasa ulang sistem

3) Dalam mendefinisikan suatu masalah, mengapa kita akan melanjutkan dari suatu sistem ke subsistem  ?

Pendekatan sistem yang merupakan kumpulan elemen-elemen atau komponen-komponen atau subsistem-subsistem merupakan definisi yang lebih luas. Definisi subsistem ini lebih banyak diterima, karena kenyataannya suatu sistem dapat terdiri dari beberapa subsistem atau sistem bagian. Sebagai misal, sistem akuntansi dapat terdiri dari beberapa subsistem-subsistem, yaitu subsistem akuntansi penjualan, subsistem akuntansi pembelian,subsistem akuntansi penggajian, subsistem akuntansi biaya dan lain sebagainya.

4) Bagaimana cara seorang pengembang akan melindungi dirinya dari kesulitan-kesulitan prototyping ?

Seorang pengembang terkadang juga mengalami kesulitan prototyping. Namun sebagai pengembang sejati,harus bisa melindungi dirinya dari kesulitan-kesulitan prototyping tersebut dengan cara berkomunikasi dengan pengguna /user mengenai keinginan pengguna. Hal ini dapat dilakukan dengan semisal menggali informasi dengan wawancara atau terjun langsung ke lapangan tentang sistem yang  telah ada, mendefinisikan dari awal persyaratan-persyaratan fungsional dari sistem yang baru ketika pengguna tidak mampu mengungkapkan apa yang diinginkan.

Tag : Kuliah
0 Komentar untuk "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN"
Back To Top